TERIMA KASIH atas kunjungan ANDA *** adada-ja merupakan blognya nugi *** blog ini bertujuan untuk berbagi dan semoga bermanfaat *** serta SORRY pada semua jika isi pada blog ini banyak yang mengandung copy-paste *** JANGAN LUPA BERKUNJUNG KEMBALI YAH... :)

Google Search
Welcome to my Blog

Join ke FACEBOOK saya?? Silahkan klik Animasi Imagenya
atau mau Chating dengan saya, klik icon YM-nya
silahkan follow @adanugi


Mau Tau Rahasia Bisnis Hebat? Buruan GRATIS Lho!! KLIK DISINI

Tips menampilkan daftar files/folder untuk dicetak


Kita terkadang memerlukan daftar files atau folder untuk lokasi tertentu misalnya untuk dicetak. Jika kita mencari fasilitas ini di Windows Explorer atau melalui menu klik kanan folder atau menu-menu lainnya, maka tidak akan kita temukan. Memang kita bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan hal ini. Tetapi sebenarnya untuk melakukan hal ini kita bisa memanfaatkan fasilitas output redirection di command prompt yang ada, dan tidak perlu menginstall software tambahan.


Untuk menampilkan daftar file/folder di command prompt, tinggal mengetik perintah DIR, maka akan ditampilkan daftarnya. Tetapi daftar yang tampil masih tidak teratur, sehingga kita bisa menambahkan parameter tambahan misalnya menjadi berikut :

C:\> DIR /O:GEN

Parameter /O menunjukkan Order (Pengurutan) dengan urutan G->E->N (Diurutkan berdasar G=Group Direktory, E=Ekstension dan N=Nama file/folder secara alfabet). Untuk melihat keterangan yang lebih lengkap ditulis perintah :

DIR /? untuk menampilkan parameter yang tersedia.

Sekarang bagaimana jika hasil yang tampil ingin kita simpan ? Bisa saja di blok, dengan klik icon di pojok kiri atas dan pilih Edit > Mark, kemudian text di blok dan tekan Enter (atau Edit > Copy) , baru di Paste di Notepad. Tapi cara itu terlalu merepotkan, apalagi jika kita ingin membuat daftar file dari Windows Explorer. Dengan output redirection, maka kita bisa mengalihkan daftar file yang ditampilkan ke sebuah file. Caranya seperti berikut :

C:\> DIR /O:GEN > daftar_file.txt

Setelah di tekan enter dengan perintah diatas, maka tampilan layar hanya menampilkan C:\ saja. Tapi coba lihat di direktori C:\, akan ada file dengan nama daftar_file.txt dan coba dibuka, maka akan dilihat daftar folder dan file di direktori tersebut. Selanjutnya tinggal kita copy-paste isinya. Atau bisa kita sesuaikan perintah diatas, misalnya hanya ingin menampilkan folder saja/filenya saja, file dokument saja dan sebagainya.

Jika kita melakukan hal seperti itu untuk setiap folder, maka masih cukup merepotkan. Kemudian bagaimana jika kita ingin membuat otomatis tinggal klak-klik saja ?
Hal ini bisa kita lakukan dengan menambah menu ketika kita meng-klik kanan folder. Caranya sebagai berikut :

1. Tentukan perintah yang diinginkan, misalnya DIR /O:GEN > daftar_file.txt
2. Tulis perintah tersebut dalam Notepad dan Pilih menu File>Save as. Dibagian Save as type, pilih All Files. Kemudian beri nama dengan ekstensi bat. Misalnya Create_list.bat
3. Simpan di folder tertentu, misalnya C:\Windows
4. Buka Windows Explorer, pilih Menu Tools>Folder Options… dan pilih tab File Types
5. Di bagian Registered file types, Pilih icon folder dengan nama file types “Folder”
6. Klik tombol Advanced, di window yang tampil klik tombol New, dan isikan action dengan kalimat yang sesuai, misalnya “Buat daftar files” dan di bawahnya ( application used to perform action) klik browse… dan cari file *.bat yang kita buat tadi ( Create_list.bat ) kemudian klik OK
7. Kalau sudah silahkan sekarang di klik folder dan klik kanan, maka tampil menu “Buat daftar file”. Jika kita klik maka di folder yang bersangkutan akan dihasilkan file daftar_file.txt

Jika ingin menghapus menu itu, maka dapat dilakukan dengan mengedit registry di alamat :
HKEY_CLASSES_ROOT\Folder\shell\Buat_daftar_files dan hapus key Buat_daftar_files ( sesuai dengan text yang kita isikan sebelumnya) di panel bagian kanan, kemudian close regedit dan restart komputer.

Bacaan Terkait:

0 komentar:

balik lanjut depan
Subscribe

Fans Box

adada-ja on Facebook

  © adanugi templates

baby
Photobucket